Wednesday, August 28, 2013

Masjid Al Aqsha

http://www.hasanahqaromah.com/umroh-plus-pergantian-tahun-di-jordania-palestine-dan-turki/#more-371
Masjid Al Aqsha

Masjid Al-Aqsha adalah tempat isra ( perjalanan di malam hari ) Rasulullah dalam proses Isra Mi'raj. salas satu tempat paling suci dan mulia di kalangan kaum muslimin ini merupakan masjid yang di isyaratkan untuk di ziarahi oleh setiap muslim , dan sholat di dalamnya . kita memohon kepada Allah agar membebaskan belenggunya ( dari cengkeraman Israel ) dan menganugerahi kita kesempatan sebelum meninggal dunia untuk sholat di dalamnya.


Teritorial Masjid Al- Aqsha

Kawasan-kawasan resmi Masjid Al-Aqsha meliputi seluruh area suci yang di kelilingi oleh dinding-dindingnya ( pembatas ), bukan hanya kawasan yang saat ini dinamakan sebagai Masjid Qubbat Ash-Shakrah ( Dome of The Rock ), jadi sejatinya seluruh kawasan yang di kelilingi tembok adalah kawasan Masjid Al-Aqsha.

Mujiruddin Al-Hambali menjelaskan, “ Yang popular di kalangan masyarakat bahwa Al-Aqsha dalam konteks kiblat yaitu keseluruhan bangunan di tengah-tengah Masjid yang di dalamnya terdapat mimbar dan mihrab besar. Padahal sesungguhnya yang dimaksud Al-Aqsha adalah sebutan bagi seluruh komplek Masjid yang dibatasi oleh dinding pembatas. Maka bangunan yang terdapat di dalam Masjid dan bangunan-bangunan lainnya, seperti Qubbah Ash—Shakrah ( Dome of The Rock ), seluruh Ruwaq ( mihrab-mihrab masjid ) dan bangunan-bangunan lainnya adalah bangunan-bangunan baru . yang di maksud dengan Al-Aqsha adalah komplek yang dibatasi dinding pembatas “.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan , “ Sejatinya Masjid Al-Aqsha adalah sebuah nama untuk menyebut seluruh kawasan masjid yang dibangun oleh Nabi Sulaiman Alaihisalam. Sebagian orang kemudian menamai Al-Aqsha sebagai musholla ( tempat sholat ) yang dibangun oleh Umar Bin Al Khathab, yang berada di serambinya. Mengerjakan sholat di musholla yang dibangun oleh Umar untuk kaum muslimin lebih utama daripada sholat di tempat-tempat lainnya.”


Luas Masjid Al-Aqsha

Kawasan Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak mempunyai luas mencapai 144.000 meter persegi. Area ini menempati seperenam pembatasnya memiliki panjang sekitar 491 meter di bagian barat, 462 meter di bagian timur , 310 meter di bagian utara, dan 281 meter di bagian selatan.


Paket Tour Turki Palestina 2013

No comments:

Post a Comment