Monday, July 7, 2014

TIPS MENIKMATI RAMADHAN DI MAKKAH





Bisa menikmati bulan Ramadan di Tanah Suci Mekkah pasti jadi impian kebanyakan umat Muslim di dunia. Namun, sebelum pergi ke sana, baiknya mengingat 5 tips berikut. Menjalankan puasa dan ibadah Ramadan lainnya di Mekkah tentu berbeda dengan di Tanah Air. Terlebih musim panas sedang dilalui kota tersebut.

Meski begitu, kekhusyukan ibadah Anda tetap bisa terjaga dengan 5 tips berikut.  inilah 5 tips menikmati Ramadan di Makkah:

1. Sahur yang cukup

Tujuan utama menjalankan Ramadan di Makkah tentu untuk menggali pahala sebanyak-banyaknya. Sayangnya, udara yang sedang terlampau panas di sana bisa menguras banyak energi.
Untuk itu, usahakan untuk menyantap makan sahur yang banyak dan penuh gizi. Bila perlu konsumsi juga vitamin yang bisa Anda beli di apotek atau vitamin yang dibawa dari Tanah Air.

2. Minum Air Putih yang cukup
Air putih juga perlu untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ini penting untuk menghindari dehidrasi, terlebih cuaca panas yang sedang menyelimuti Mekkah. Mengonsumsi air zam-zam akan lebih baik karena mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh.
3. Selalu kenakan sunblok

Meski udara panas dan matahari sangat menyengat, ibadah tawaf umumnya tetap dilakukan umat Muslim yang berada di Masjidil Haram. Agar kulit tak terbakar dan tawaf tetap lancar, kenakan sunblock yang cukup. Jika tidak sedang melaksanakan umrah, gunakan juga penutup kepala.

4. Berbukalah di masjid

Ini dia hal yang paling dinantikan banyak orang saat Ramadan di Tanah Suci, yakni berbuka di masjid. Ketika itu, akan ada banyak orang memberi sumbangan makanan untuk para jamaah di Tanah Suci. Mulai dari kurma, kacang hingga aneka makanan khas jamaah muncul. Suasana buka bersama antar negara pun terasa begitu seru.

5. Setelah tarawih, kelilinglah ke pasar

Usai berbuka puasa biasanya dilanjutkan salat magrib dan tarawih. Usai tarawih berjamaah, di sekitar Masjidil Haram akan buka pasar kaget. http://www.hasanahqaromah.com/category/umroh-ramadhan/Suasana pasar ini sangat ramai. Berbagai barang dijual murah. Keliling pasar sambil mencari oleh-oleh juga jadi aktivitas seru di sana.

No comments:

Post a Comment