Friday, June 14, 2013

http://www.hasanahqaromah.com/umroh-plus-pergantian-tahun-di-jordania-palestine-dan-turki/#more-371Dolmabahce Palace
Istana ini dibangun atas perintah periode Kesultanan Turki yang ke 31 ,Sultan Abdul Mecid I . antara tahun 1843 dan 1856 , Haci Kata Aga bertanggung jawab atas pekerjaan konstruksi , dengan Arsitelnya bernama Garabet Balyan , Anak dari Nigogayos Balyan dan Evanis Kalfa ( anggota keluarga Balyan Ottoman , arsitek pengadilan ) konstruski bangunan ini menghabiskan biaya Lima Juta koin emas Ottoman Mecidiye , yang setara dengan 35 ton emas , 14 ton emas dalam bentuk daun emas digunakan untuk menyepuh langit-langit dari 45.000 meter persegi monoblok istana , yang berdiri di tas lahan seluas 110.000 m2. Desain Istana ini terdiri dari elemen eklektik dari Baroque , Rococo dan gaya neoklasik , yang dicampur dengan arsitektur tradisional Ottoman , Tata letak istana dan dekorasi mencerminkan meningkatnya pengaruh gaya dan standar eropa pada budaya dan seni Ottoman selama periode Tanzimat . secara fungsional , di sisi lain , mempertahankan unsur-unsur kehidupan tradisional Ottoman , dan juga fitur rumah tradisional Turki. Istana ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Mabeyn-i Humayun (atau Selamlık, kuartal diperuntukkan bagi laki-laki), Muayede Salonu (ruang upacara) dan Harem-i Humayun (Harem, apartemen perumahan keluarga dari Sultan). Istana ini memiliki luas 45.000 m2 (11,2 hektar), dan berisi 285 kamar, 46 ruang, 6 mandi (hamam) dan 68 toilet.

Dolmabahce Palace adalah rumah bagi enam sultan pada tahun 1856, ketika pertama kali dihuni, sampai penghapusan kekhalifahan pada tahun 1924, Sultan terakhir yang tinggal di sini adalah Khalifah Abdülmecid Efendi. Sebuah undang-undang yang mulai berlaku pada 3 Maret 1924 mengalihkan kepemilikan istana untuk warisan nasional Republik Turki yang baru. Mustafa Kemal Atatürk, pendiri dan Presiden pertama Republik Turki, istana ini berfungsi sebagai kediaman presiden selama musim panas . Atatürk menghabiskan hari-hari terakhir pengobatannya di istana ini, di mana ia meninggal pada tanggal 10 November 1938. pada pukul 9:05 am pada 10 November 1938, di kamar tidur yang sekarang merupakan bagian dari museum. Semua jam di istana dihentikan dan diatur ke 9:05 setelah kematiannya. Meskipun baru-baru ini telah berubah dan jam ditetapkan untuk waktu yang berbeda di sekitar istana, jam di ruang di mana dia meninggal masih menunjuk ke 09:05


The Grand Bazaar

Grand Bazaar merupakan salah satu pasar tertua di Dunia dengan 61 jalan tertutup dan lebih dari 3000 toko , pasar ini dikunjungi hampir 250.000 – 400.000 orang setiap hari . Grand Bazaar terletak di dalam kota Istanbul ( di dalam tembok ) , di distrik Fatih yang membentang kira-kira dari barat ke timur antara Masjid Beyazit dan Nuruosmaniye.

Bangunan ini dibangun pada musim dingin 1455-1456 , setelah penaklukan Ottoman Konstatinopel . Sultan Mehmet II mengkhususkan bangunan ini bagi perdagangan teksil , Saat ini konsentrasi bisnis yang sama di sepanjang jalan-jalan tertentu dapat diamati seperti :
Perhiasan dan gelang emas di sepanjang Kalpakcılar Caddesi , Gelang emas sepanjang Carsisi Kuyumcular , Furniture sepanjang Divrikli Caddesi , Karpet sepanjang Sahaflar Caddesi , Barang-barang dari Kulit sepanjang Perdahçılar Caddesi , Pakaian bahan Kulit dan kasual di Bit Pazari

No comments:

Post a Comment