Monday, June 17, 2013

Peninggalan Jalaludin Rumi

http://www.hasanahqaromah.com/umroh-plus-pergantian-tahun-di-jordania-palestine-dan-turki/#more-371
KONYA
Hal yang mengingatkan saya  akan kota ini adalah Maulana Jalaludin Rumi  ( Mevlana Jalaludin Rumi ) , Seorang penyair dan tokoh sufi yang terkenal , beliau tinggal dan dimakamkan di kota ini . Konya adalah Ibukota Kesultanan Rum yang terkenal dengan nama “Anadolu Selçukluları “.
Nuansa Islam akan sangat terasa dikota ini , kita dengan mudah menjumpai perempuan turki menggunakan busana muslimah dengan jilbab sutera yang warna warni  serta dengan jubah ( coat ) dengan model yang cantik .
Di dalam  Museum Mevlana Jalaludin Rumi kita akan melihat peninggalan-peninggalan kaum sufi seperti tasbih , jubah  , al quran ,  serta diorama kehidupan kaum sufi di masa lalu . kita dapat menyaksikan pertunjukan tarian “  Darwish “ , tarian ini mengandung arti penyerahan diri sepenuhnya kepada sang pencipta Allah Swt ( tangan kanan diatas ) , sedangkan tangan kiri kebawah mengandung arti hubungan cinta kasih sesama manusia ( habluminannas ), Mevlana Jalaluddin Rumi mengatakan, "Semua cinta adalah jembatan untuk cinta Ilahi. Namun, mereka yang belum memiliki rasa tidak tahu. "
 
Makam Jalaludin Rumi
Makam Jalaludin Rumi
Darwish Dance
Darwish Dance

No comments:

Post a Comment