Sunday, October 26, 2014

Ini 5 Jenis Traveler Berdasarkan Ajaran Islam


http://www.hasanahqaromah.com/


Jumlah traveler Muslim di dunia tak bisa dibilang sedikit. Indonesia pun jadi salah satu negara penyumbang turis Muslim terbanyak. Setidaknya ada 5 golongan traveler berdasarkan ajaran Islam. Apa saja?

"Traveler berdasarkan Islam setidaknya bisa dibagi jadi 5. Pertama adalah Musafir," tutur Prof Dr Nor'aini Othman dari Faculty of Hotel & Tourism Management, Universiti Teknologi Mara, Malaysia saat menjadi pembicara dalam World Islamic Tourism Mart (WITM) di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Keterangan tentang Musafir atau orang yang melakukan perjalanan secara umum, lanjut Prof Nor'aini, ada di surat Al Maidah. Termasuk soal ketentuan menjamak salat, sakit atau dalam perjalanan, juga kemudahan saat berpuasa diatur dalam ajaran Islam untuk para traveler.

"Tipe kedua adalah Rahala, penjelasannya ada pada surat Al Quraish," tambahnya.

Rahala atau rihlah adalah perjalanan yang sifatnya rekreasi atau tamasya. Tipe ketiga adalah Ziarah. Mereka adalah traveler yang mengunjungi makam atau tempat-tempat religi peninggalan Nabi dan Rasul, seperti yang ada dalam surat Al Kahfi. Tipe keempat adalah Siyahah alias pengembara.

"Terakhir adalah pejalan Umrah dan Haji," tambah Prof Nor'aini.

Wisata syariah adalah salah satu yang paling berkembang di dunia, seiring makin banyaknya umat Muslim di dunia. Saat ini ada 16 miliar umat Muslim di seluruh dunia. Di Asia Tenggara saja, jumlahnya mencapai 240 juta orang.

"Masing-masing dengan tipe travelernya sendiri. Jelas akan berkembang dengan pesat," tambahnya.






No comments:

Post a Comment