Saturday, October 11, 2014

Kota - Kota Tertua di Dunia




Perkotaan menjadi destinasi seru dan seakan tak habis untuk dijelajahi. Namun 8 kota ini punya nilai lebih, karena menjadi pusat peradaban tertua di dunia. Apa saja?

Kota-kota ini tak hanya kaya akan wisata sejarah, tapi juga dinamisme budaya dan masyarakatnya. Berikut  7 kota tertua di dunia 

1. Athena, Yunani 

Acropolis dan Parthenon hanya segelintir warisan sejarah dari Athena, ibukota Yunani sejak ribuan tahun lalu. Peradaban di kota ini disinyalir sudah ada sejak 3.400 tahun silam!

Di kota inilah, lahir beberapa filsuf terkenal seperti Plato, Aristotles, dan Socrates. Traveler bisa mengunjungi Acropolis, Syntagma Square tempat berdirinya Parliament Building, juga Temple of Olympian Zeus.

2. Byblos, Lebanon 

Peradaban di Byblos, Lebanon disinyalir sudah ada sejak 7.000 tahun lalu. Siapa sangka, kota inilah yang menjadi asal mula kata 'bible' alias 'kitab'. Kertas papyrus yang pertama digunakan untuk membuat kitab adalah dari Byblos.

Kota pelabuhan Byblos terletak sekitar 35 Km dari ibukota Lebanon yakni Beirut. Traveler bisa mengunjungi The Crusader Castle peninggalan abad ke-12, Kings Tomb, Tower Temple, juga Jbeil Ottoman Mosque. Ya, kota Byblos juga pernah dihinggapi Kekhalifahan Utsmaniyah.

3. Jerusalem, Israel 

Jerusalem disinyalir sudah ada sejak 5.000 tahun silam, tak heran menjadi salah satu yang tertua di dunia. Kota ini penting bagi eksistensi beberapa agama, termasuk Kristen dan Islam.

Di sini, traveler bisa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah. Mar Elias Monastery, St Simeon Monastery, dan Ramat Rachel Archaeological Site adalah beberapa di antaranya. Namun satu tempat yang tak boleh dilewatkan, tentu saja Old City yang penuh bangunan sejarah.

4. Damaskus, Suriah 

Damaskus adalah salah satu kota tertua yang terus menerus diisi peradaban. Para ilmuwan percaya, Kota Damaskus sudah dihinggapi manusia sejak 11.000 tahun lalu!

Ini adalah kota yang tepat menikmati dinamisme peradaban. Souq Al Hamidiyya misalnya, merupakan jalan penuh toko kecil yang memanjang di dalam sisa bangunan Romawi. Di ujungnya terdapat Umayyad Mosque, masjid dengan 3 menara yang arsitekturnya sangat cantik.

Betapa tidak, masjid ini dulunya merupakan bangunan peninggalan bangsa Assyria. Kemudian menjadi kuil persembahan bangsa Romawi untuk Dewa Jupiter. Setelah itu, beralih menjadi gereja hingga akhirnya masjid. Ummayad juga sempat menjadi tempat ibadah umat Kristen sekaligus Islam, dalam satu waktu. Hingga akhirnya, menjadi masjid sampai sekarang.

5. Aleppo, Suriah
Kota Sidon di Lebanon menjadi saksi hadirnya beberapa bangsa besar. Mulai dari Romawi, Yunani, sampai Babylonia dan Khalifah Utsmaniyah. Bukti-bukti sejarah itu masih berdiri megah di Kota Sidon, menjadikannya salah satu kota terbaik untuk wisata sejarah.

Traveler bisa mengunjungi Sidon Sea Castle, Eshmon Temple, juga Great Mosque. Masjid yang disebut terakhir itu punya arsitektur cantik, dan langsung menghadap laut.
6. Argos, Yunani 

Banyak orang bilang, Athena adalah kota tertua di Eropa. Namun siapa sangka, Argos juga punya sejarah yang tak kalah panjang dengan ibukota Yunani tersebut.

Kota cantik ini menjadi rumah bagi beberapa bangunan bersejarah. Ada deretan bangunan peninggalan Romawi seperti teater, juga Town's Monastery of Panagia Katakekrymeni. Traveler juga wajib mengunjungi Larissa Castle, kastil cantik di atas bukit yang langsung menghadap lanskap kota.

7.Plovdiv, Bulgaria 

Baik Kerajaan Romawi dan Kesultanan Utsmaniyah pernah menduduki Plovdiv, kota cantik di Bulgaria. Ini adalah salah satu kota paling indah, sekaligus terbesar kedua di negara tersebut.

Kota tua Plovdiv adalah area favorit wisatawan, penuh gedung-gedung tua serta museum. Dekat sana juga terdapat Roman Amphitheater, St Marina Church, dan masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah.



No comments:

Post a Comment