Tuesday, October 14, 2014

Pasar Dengan Bangunan Paling Keren di Dunia


http://www.hasanahqaromah.com/


Selama ini, bangunan pasar jarang diperhatikan lantaran biasa saja. Tapi tidak halnya jika berkunjung ke Rotterdam di Belanda. Karena di sana ada Markthal, pasar buah dan sayur yang punya bangunan super keren.

Sekilas, bangunannya seperti tapal kuda, dengan panel kaca jernih di tengahnya. Kedua ujung atasnya melengkung tumpul, persis seperti sepatu kuda.

Gedung ini baru saja dibuka awal bulan Oktober 2014. Dalam bangunan ini ada sekitar 100 kedai buah dan sayur segar yang siap dibeli.

Di area tapal kuda, ada 228 kamar apartemen yang bisa dihuni penduduk setempat. Selain itu, ada juga pertokoan, restoran dan supermarket. Bisa dibilang, Markthal adalah bangunan pertama yang punya fungsi gabungan nan unik.

Sekeliling bangunan diselimuti kaca. Sehingga merefleksikan pemandangan atau cahaya mentari. Sedangkan dari dalam, kaca tersebut jadi media untuk cahaya masuk, dengan begitu, Markthal pun jadi lebih ramah lingkungan.

Rotterdam sendiri dikenal sebagai salah satu kota pelabuhan paling sibuk di Eropa. Jadi, jangan kuatir masalah kualitas kesegaran sayur dan buah yang dijual di sana.

Nah, jika kebetulan sedang atau akan liburan ke Rotterdam, jangan lupa tengok gedung baru yang keren ini ya!

No comments:

Post a Comment