Tuesday, April 7, 2015

Wifi Gratis di Mana-mana, Perlukah Sewa Modem di Seoul?



Urusan koneksi internet, Korea Selatan juaranya. Selain cepat, wifi gratis juga tersedia di mana-mana. Di sisi lain, rental modem di Kota Seoul tetap marak demi memanjakan wisatawan yang tidak mau sedetikpun lepas dari jaringan internet.

Di terminal kedatangan Bandara Internasional Incheon misalnya, sedikitnya ada 2 konter operator seluler yang menyewakan modem maupun smartphone untuk orang asing. Keduanya berada di antara gate 6 dan gate 7.

Ongkos sewanya bermacam-macam tergantung jenis device dan fasilitas lainnya, berkisar antara 3.000 won (Rp 35 ribu) hingga 8.000 won (Rp 96 ribu) per hari. Beberapa konter juga meminta jaminan atau deposit yang harus dibayar dengan kartu kredit, sebanyak 200 ribu won (Rp 2,5 juta).

Selain sewa di konter, ada cara lain yang lebih praktis yakni reservasi online. Ada beberapa situs yang menyediakan sewa modem di Seoul, dan biasanya mereka akan mengantarkan modem langsung ke hotel tempat wisatawan menginap. Untuk mengembalikannya, cukup ditinggal di resepsionis.

"Enaknya kalau online tidak perlu ada deposit," kata Putri, seorang turis asal Indonesia di Seoul yang menyewa modem via online.

Soal perlu atau tidaknya sewa modem di Korea, tentu saja sangat tergantung kebutuhan dan ketersediaan dana. Kalau dananya mepet dan hanya butuh untuk narsis-narsisan update status di jejaring, tidak perlu khawatir sebab wifi gratis dengan kecepatan tinggi banyak tersedia di Seoul.

"Aku sih perlu. Soalnya di beberapa tempat wifinya nggak bisa," kata Septi, turis lain yang punya pengalaman sewa modem di Seoul. Menurutnya sewa modem di Seoul tidak mahal karena bisa dipakai bersama-sama sehingga bayarnya bisa patungan.

No comments:

Post a Comment