Sunday, August 10, 2014

7 LANGKAH MENJADI WISATAWAN YANG LEBIH BAIK




http://www.hasanahqaromah.com/

7 Langkah untuk Menjadi  Wisatawan yang Lebih Baik
oleh Costas Kristus National Geographic Traveler Juli 2014


Dalam perjalanan perjalanan-dan saya karir saya sebagai promotor dan praktisi pariwisata berkelanjutan-satu pertanyaan muncul lagi dan lagi: "Apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi traveler yang lebih bertanggung jawab?" Jadi saya pikir saya akan pena primer.

Berikut adalah tujuh hal globetrotters dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampaknya terhadap planet ini:

1 Hindari pesawat dan naik kereta api (bila mungkin).
Menjadi bagian dari negara berkembang "wisata lambat" trend dengan pergi ke tempat-tempat yang lebih sedikit dan menghabiskan lebih banyak waktu di setiap tempat . Perjalanan dengan kereta adalah cara yang baik untuk melakukan hal ini. Tidak hanya akan Anda mengalami sensasi yang lebih  Anda juga akan mengurangi jejak karbon Anda. Beberapa tujuan favorit saya dengan kereta : India , Asia Tenggara , Afrika Timur dan China.

2 Berikan dengan cara yang benar.
Banyak wisatawan yang bermaksud membawa permen, pakaian bekas, buku, dan pensil untuk dibagikan  kepada anak-anak dan penduduk desa di negara berkembang.  Hal ini  mempunyai konsekuensi  tidak diinginkan bisa memicu konflik masyarakat dan mendorong budaya ketergantungan ( mengemis ) alangkah lebih baik memberikan uang atau barang-barang ke Organisasi lokal terkemuka yang bekerja pada program-program kesejahteraan sosial , atau kelompok-kelompok internasional yang bermitra dengan mereka ( LSM Lokal atau LSM International )

3 Memahami dua istilah Eko Wisata dan Wisata Berkelanjutan   
Dalam era baru perjalanan yang cerdas  Ekowisata:  Wisata yang bertanggung jawab dalam memelihara kelestarian alam dan menopang kesejahteraan masyarakat lokal.  Wisata Berkelanjutan : Gerakan ini mengambil prinsip-prinsip inti ekowisata dan berlaku di seluruh spektrum dari perjalanan wisata  3 Pilar Pariwisata yang berkelanjutan yang menggunakan praktik-praktik ramah lingkungan ( reduce , reuse , recycle ) , melindungi warisan budaya dan alam ( misalnya : mengembalikan bangunan bersejarah atau menyimpan species yang terancam punah ) , memberikan manfaat sosial  dan ekonomi yang nyata bagi masyarakat lokal  ( menegakkan hak-hak masyarakat adat untuk mendukung upah yang adil bagi karyawan )

4. Katakan tidak untuk plastik.
The Great Pacific Garbage Patch, massa berputar-putar sampah manusia membentang di ribuan mil dari laut, termasuk jutaan  botol plastik membuang-jauhnya  yang akan membawa ratusan tahun, hal ini juga memberikan malapetaka pada ekosistem laut . solusinya memilih air murni lokal dengan botol kaca daur ulang ( minum kelapa hijau untuk mencegah dehidrasi ) , membawa tas kantong belanja  ( tote bag ) yang dapat anda gunakan pada saat akan berbelanja di pasar atau di toko-toko , tas tote bag ini dapat menghemat dan meminimalisasi penggunaan sampah plastik



5. Lakukan penelitian Anda ketika datang ke Biro Perjalanan
Saya mengeksplorasi pada saya sendiri sebagian besar waktu ketika saya bepergian, tapi ketika saya mencari jasa tour personal ( local agent ) saya selalu mengajukan tiga pertanyaan sebelum menandatangani di: Apa sajakah praktik ramah lingkungan perusahaan wisata Anda? Dapatkah Anda memberi saya contoh bagaimana perjalanan Anda membantu untuk melindungi dan mendukung satwa liar atau warisan budaya? Apakah Anda menggunakan pemandu lokal dalam perjalanan Anda.Saat ini banyak dari jasa tour personal (local agent ) kurang memberikan jawaban yang jelas

6 Mendukung ekonomi riil lokal.
Kerajinan buatan lokal dan souvenir tidak selalu lebih murah, tapi pembelian mereka menjamin kontribusi anda terhadap perekonomian akan memiliki dampak yang lebih langsung dan positifDi Cancun, misalnya, beberapa toko cendera menjual  sombreros Meksiko tradisional  yang diimpor dari China karena biayanya lebih murah, sementara pengrajin desa membuat topi  yang sama biayanya dan harganya  akan lebih mahal karena dibuat dengan tangan ( handmade ) dengan biaya. Perbedaan tidak hanya dalam harga. Membeli sombreros nyata mendukung warisan budaya otentik dan menyediakan pekerjaan yang dibutuhkan untuk penduduk setempat yang membuat mereka.

7 Jangan pernah membeli produk-periode satwa liar.
Pada perjalanan ke Vietnam Halong Bay, aku menyaksikan sekelompok wisatawan Amerika tawar-menawar dengan warga desa yang menjual beberapa kerang laut yang paling indah yang saya temui dalam perjalanan. Demikian pula, di Mongolia, saya menyaksikan beberapa backpackers murah di pasar luar untuk membeli topi pemburu elang dijahit tangan yang terbuat dari bulu serigala mewah. Wisatawan tersebut secara tidak sengaja membantu untuk mendukung pasar yang berkembang untuk perdagangan produk satwa liar langka dan terancam punah sebagai suvenir. Katakan tidak untuk produk-produk satwa liar

No comments:

Post a Comment