Friday, August 15, 2014

TIPS KESELAMATAN PENERBANGAN





Pesawat jadi salah satu transportasi traveler untuk berpergian, mungkin salah satunya Anda. Berikut ini adalah 3 tips keselamatan penumpang yang paling mendasar, tapi justru paling penting. Perhatikan dan jangan lupa.

Ada banyak keuntungan traveling naik pesawat, seperti jarak yang ditempuh lebih cepat dan tenaga tidak terkuras habis. Meski begitu, tak sedikit pula traveler yang takut naik pesawat dengan alasan faktor keselamatan.

Aviation Safety Network, sebuah lembaga yang mengulas informasi mengenai kecelakaan pesawat dan keamanan pesawat punya rubrik khusus 'Aviation Safety' pada situs resminya, Salah satunya yang dibahas adalah mengenai tips keselamatan selama penerbangan.

Berikut, 3 tips keselamatan penerbangan dari situs Aviation Safety Network:

1. Perhatikan demo keselamatan dari pramugari

Sesaat sebelum pesawat lepas landas, pramugari akan memperagakan demo keselamatan. Mereka bakal menjelaskan dan memperaktekan cara memakai pelampung, menggenakan masker oksigen dan menunjukan pintu keluar.

Perhatikan baik-baik demo keselamatan yang diperagakan pramugari tersebut, jangan cuek. Supaya, Anda tidak panik dan bingung harus berbuat apa ketika pesawat dalam masalah. Taati juga larangan yang diberikan pramugari, sepeti tidak diperbolehkan menyalakan ponsel saat sedang di dalam pesawat atau dilarang merokok di dalam pesawat. Meski, Anda mungkin sudah sering lihat demo keselamatan pramugari karena sering traveling naik pesawat, tak ada salahnya Anda memperhatikannya lagi ketika akan terbang. Lagipula, demo keselamatannya tidak lama dan itu pun untuk kebaikan Anda.

2. Baca buku panduan keselamatan

Selain melihat demo keselamatan pramugari, ada baiknya Anda membaca buku panduan keselamatan. Itu bakal lebih mengingatkan Anda lagi soal keselamatan dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi suatu masalah di pesawat. Buku panduan keselamatan pun memberikan banyak informasi penting, seperti lokasi pintu darurat dan digambarkan bagaimana cara membukanya.

3. Pakai terus sabuk pengaman saat duduk

Banyak traveler yang tidak betah memakai sabuk pengaman. Alasannya bermacam-macam, karena susah untuk bergerak atau repot harus membukanya jika ingin ke toilet. Tapi toh, sabuk keselamatan adalah benda yang akan menyelamatkan Anda pertama kali di pesawat.http://www.hasanahqaromah.com/ Saat duduk, sebaiknya Anda terus menggenakan sabuk pengaman. Hal tersebut memberikan banyak manfaat, seperti Anda tidak akan jatuh ketika pesawat mengalami turbulensi hebat.

No comments:

Post a Comment