Friday, August 15, 2014

TIPS MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA RELIGI




http://www.hasanahqaromah.com/spain-portugal-morocco-16-hari/

Wisata religi dapat menjadi pilihan Anda sekeluarga untuk traveling. Selain wisata ini dapat memperkaya rohani dan batin, juga sekaligus dapat mendekatkan diri kepada Tuhan. Namun ada tips yang harus diperhatikan.

1. Mencari informasi 

Tentukan tempat wisata religi yang ingin Anda kunjungi. Lalu cari info mengenai tempat wisata religi tersebut dari berbagai sumber seperti internet, media lain atau teman dan kerabat yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Jika sudah berada dilokasi, Anda dapat menanyakannya langsung kepada penduduk sekitar Hal ini bertujuan untuk mengefisiensikan budget dan waktu. Selain itu Anda dapat mengetahui jam buka operasional serta larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan di tempat tersebut. Jangan lupa untuk mencatat jika banyak informasi yang didapatkan agar tidak lupa.

2. Berpakaian tertutup 

Tempat wisata religi identik dengan rumah ibadah yang erat kaitannya dengan kesopanan dan kesucian. Untuk itu disarankan untuk menggunakan pakaian yang serba sopan. Baiknya menggunakan pakaian serba panjang seperti pakaian dengan lengan panjang, celana/rok panjang . Jangan lupa membawa kain, jika Anda terlanjur menggunakan pakaian kurang sopan. Dibeberapa tempat tidak diizinkan untuk menggunkan alas kaki, untuk itu jangan lupa membawa kaos kaki. Tidak kalah pentingnya ialah pakaian yang Anda kenakan harus bersih dan tidak kotor.

3. Bersikap sopan
Tempat ibadah adalah tempat manusia berkomunikasi dengan Tuhan, untuk itu kedamaian dan keheningan selalu menyertai tempat ini. Ketenangan diperlukan untuk mencapai kekhusyukan dalam beribadah. Anda harus menjaga ketenangan dengan tidak melakukan tindakan mengganggu orang yang sedang beribadah. Jangan melakukan hal diluar batas wajar seperti teriak dan bergurau. Dengan kondisi yang sepi jangan sampai Anda terpicu untuk melakukan perbuatan yang memalukan.

4. Hormati jemaat yang sedang beribadah 

Tempat wisata religi umumnya ialah tempat ibadah bagi umat tertentu seperti masjid, vihara dan gereja. Ketika Anda ketempat wisata religi maka Anda akan melihat beberapa jemaat yang sedang beribadah. Untuk itu jangan sampai Anda mengganggu ketenangan dan kekhusyukan jemaat yang sedang beribadah. Dahulukan kepentingan mereka yang sedang beribadah. Anda dapat menunggu beberapa saat, dan kemudian meneruskan wisata Anda di tempat wisata religi tersebut. Lagi pula hal ini tidak merugikan Anda bukan

5. Jagalah kebersihan 

Meski seringkali dianggap sepele namun hal ini sangatlah penting. Mengingat tempat ibadah merupakan tempat yang suci, tidak ada salahnya untuk menjaga kesucian tempat ibadah tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain dapat mengotori tempat ibadah, juga dapat merusak pemandangan.  Untuk itu siapkan plastik untuk menampung sampah Anda atau bisa dikantongi dulu sampah yang Anda miliki. Disarankan untuk tidak makan/minum di tempat ibadah meski tidak dilarang.

6. Menambah pengetahuan
Sebaiknya ketika mengunjungi tempat wisata religi, jangan hanya karena tempat tersebut menarik untuk dikunjungi. Atau, berwisata religi sekadar ingin berfoto karena tempat wisata tersebut memiliki arsitektur yang mengagumkan.

Kenali serta pelajari tempat wisata religi yang akan Anda kunjungi, bagaimana sejarahnya, apa fungsinya, sejak kapan berdiri dan apa mafaatnya bagi Anda. Hal ini agar perjalanan ke wisata religi yang dilakukan dapat bermanfaat bagi diri Anda serta mengenali kebesaran Tuhan.

No comments:

Post a Comment