Friday, August 15, 2014

MAKAM RASULULLAH , PUSARA TUJUAN SEMUA UMAT MUSLIM DUNIA





Salah satu tujuan wisata religi umat Muslim dunia adalah makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, Madinah. Inilah makam yang dikunjungi jutaan umat Muslim tiap tahun, untuk mengenang manusia paling mulia sepanjang masa.

Nama Muhammad selalu disebut, dipuja dan didoakan umat Muslim dalam tiap ibadah salat sehari lima waktu. Beliau adalah suri teladan untuk kehidupan umat Muslim. Perbuatannya dipuji, ucapannya jadi peringatan dan kisah hidupnya adalah panutan untuk cerminan yang baik.


Tak heran, makam Rasullulah selalu dikunjungi banyak orang tiap waktunya apalagi saat ibadah haji atau saat bulan Ramadan. Bisa dibilang makamnya adalah salah satu pusara tujuan umat Muslim di dunia untuk wisata religi.


Makam Rasulullah
  Lokasinya ada di dalam Masjid Nabawi yang dulunya merupakan rumah Rasulullah dan berada tepat di tengah Kota Madinah. Makam Rasulullah sangat berbeda dengan makam-makam lainnya di dunia. Makamnya ditutup dan dibatasi dengan pagar tinggi yang berhiaskan kaligrafi cantik. Lalu, ada penjaga yang disebut aksar.

Bukan apa-apa, makam Rasulullah dibuat seperti itu karena untuk mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, seperti menangis atau salat di depan makamnya. Aksar pun tak segan untuk menegur jamaah yang berbuat hal-hal seperti itu.


Wisatawan cukup memberi salam dan berdoa di depan makamnya. Itu lebih dari cukup untuk mengobati kerinduan dengan beliau, manusia yang paling dipuja umat Muslim di dunia. Meski, beberapa jamaah tak kuasa menahan air mata karena kerinduan dan perasaan begitu dalam terhadap Rasulullah

No comments:

Post a Comment