Monday, February 9, 2015

Kota –kota yang menjadi Surga Bagi Pejalan Kaki





Bersyukurlah, setidaknya masih terdapat beberapa kota yang jadi surga bagi traveler yang gemar berjalan kaki. Artinya, kota itu punya pedestarian yang nyaman dan dipenuhi ruang hijau. Berikut, daftar kotanya!
Kota yang nyaman bagi pejalan kaki, syarat yang jadi utama yakni punya pedestarian yang nyaman. Pedestarian yang lebar dan anti kendaraan bermotor atau gerobak di atasnya.


Berikut 10 kota yang jadi surga wisatawan pejalan kaki :


1. Melbourne, Australia 


Saat melancong ke Melbourne di Australia, asyiknya isi kegiatan dengan berjalan kaki. Tak ayal, pedestarian yang nyaman dan bagus jadi alasannya. Belum lagi, banyak taman dan pepohonan di sekitar pedestarian.

Salah satu lokasi untuk berjalan kaki yang jadi kegemaran turis di sana adalah kawasan St Kilda Foreshore. Anda bisa berjalan di pinggiran pantai yang cantik.

Oleh sebab itu, Melbourne pernah ditasbihkan sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Jelas saja, masyarakat di sana memang suka berjalan kakin yang artinya bikin badan berkeringat dan tubuh lebih sehat.


2. Edinburgh, Skotlandia 


Kota Edinburgh di Skotlandia akan memberikan pengalaman tiada dua bagi traveler yang berjalan kaki di sana. Sebabnya, pedestarian di sana merupakan jalanan yang sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Jalanan pedestriannya berupa bebatuan berwarna hitam, tapi nyaman. Eropa banget! Belum lagi, banyak deretan toko dan kafe yang berderet di sepanjang jalan.

Suasananya pun bersih, asri dan tenang. Jalan kaki di Edinburgh bisa bikin Anda lupa waktu lho!


3. Montreal, Kanada 


Tahukah Anda, Kota Montreal memiliki 23 ribu restoran dan kafe. Kalau diumpamakan, setiap berjalan kaki selama lima menit, Anda akan menemukan delapan restoran di sana.

Karena itulah, Montreal jadi surga pejalan kaki di Kanada. Tak perlu takut kelaparan atau lelah saat berjalan, mampir ke restoran atau kafe saja.





4. Munich, Jerman 


Sayang rasanya, jika Anda menghabiskan liburan di Munich dengan naik kendaraan. Sekalian tubuh menjadi sehat, Anda dapat berjalan kaki di dalam kotanya.

Selain pedestarian yang nyaman, di sudut-sudut jalan Munich berderet restoran, toko-toko, museum dan bar. Asyik bukan?

Kalau mau sehat di Munich, jangan cuma jalan-jalan. Sekalian saja bermain bola di taman, mumpung Munich merupakan kandang klub sepakbola Bayern Munchen yang terkenal.


5. Philadelphia, AS

Kota Philadelphia di Negara Bagian Pennsylvania menjadi satu dari lima surga pejalan kaki di AS. Kota ini memang terkenal ramah dengan para pejalan kaki dan pesepeda.

Masyarakat setempat juga suka berjalan kaki. Wisatawan bisa ikut nimbrung jalan kaki bersama mereka melintasi aneka taman kota yang indah dan pedestrian yang nyaman.



6. Florence, Italia

Kota yang paling asyik dijelajahi dengan berjalan kaki di Italia, maka Florence tempatnya. Bukan tanpa sebab, mobil jarang melintas di sana dan banyak jalan yang memang dilarang untuk dilintasi kendaraan bermotor.

Ditambah, di sudut-sudut jalanan terdapat banyak patung dan lukisan-lukisan di dinding bangunan seperti toko atau rumah. Jalan kaki di sana sungguh menyenangkan!


7. Dubrovnik, Kroasia 


Sudah pernah mendengar nama Dubrovnik? Inilah kota di Kroasia yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Dubrovnik sudah ada sejak abad ke -13 dengan arsitektur bangunan yang tidak berubah. Dubrovnik bagaikan kota di dalam benteng karena dikelilingi tembok besar, rumah-rumah pendduknya berhimpitan dan menghadap lautan Adriatik yang cantik.

Paket-paket wisata bertajuk walking tour pun jadi yang paling digemari turis. Anda akan diajak mengelilingi kotanya yang pemandangannya masih seperti abad pertengahan.


8. Honolulu, Hawaii

Bicara soal Kota Honolulu di Hawaii, bukan berarti pantainya saja. Kota ini pun masuk dalam daftar surga bagi pejalan kaki.

Mau jalan kaki menyusur garis pantai, kenapa tidak? Atau mau jalan kaki menikmati suasana kota, wisatawan juga bisa melakukannya.

Pedestariannya nyaman dan masyarakat setempat memang lebih suka berjalan kaki daripada naik kendaraan. Agar tubuh sehat!



9. Paris, Prancis 


Kota Paris terkenal romantis. Di balik itu, Paris pun menjadi tempat yang asyik didatangi utnuk traveler yang doyan berjalan kaki.

Deretan toko, butik, restoran sampai kafe berderet lengkap dan tertata rapi di pinggiran jalan. Taman-tamannya juga asyik untuk dinikmati dengan berjalan kaki.

Arsitektur bangunan, seperti kedai kopi atau perumahan di Paris terlihat begitu indah. Toko suvenir juga mudah ditemukan, jadi Paris memang layak sebagai surga pejalan kaki.


10. New York, AS 


New York disebut-sebut sebagai surga pejalan kaki nomor satu di dunia. Alasannya tak sembarangan, karena 90 % dari 9 juta populasi di sana lebih memilih berjalan kaki untuk bekerja atau kuliah dibanding naik kendaraan bermotor.

Jalur pedestarian disiapkan dengan nyaman dan lebar. Tak hanya di jam-jam kerja penuh orang berlalu-lalang menenteng koper, tapi sampai malam pun New York selalu ramai oleh pejalan kaki. benar-benar kota yang tak pernah tidur.

Satu lagi, meski kerap macet dan penuh kendaraan, polisi setempat sangat menjaga kawasan pedestarian. Hak-hak pejalan kaki pun tidak dirampas. Asyik!


1 comment: