Sunday, February 15, 2015

Tips liburan lancar bagi para traveler pelupa yang sering ketinggalan barang.



  

Bayangkan betapa menyebalkannya jika Anda lupa menaruh barang atau malah lupa jadwal saat traveling. Berikut 5 tips liburan lancar bagi para traveler pelupa yang sering ketinggalan barang.
Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Bagi traveler yang punya kekurangan sering lupa, tentu sering merasa dirugikan dengan sifat yang satu ini.  mengumpulkan 5 tips liburan lancar bagi para traveler pelupa:

1. Selalu buat daftar

Tak perlu mengutuk diri sendiri saat mendapat sifat yang pelupa. Karena masih banyak cara untuk mengatasi kekurangan yang satu itu. Salah satu yang paling jitu adalah dengan membuat daftar.

Buat daftar apa saja. Mulai dari daftar itinerary hingga daftar barang yang ingin dibawa, atau telah dikeluarkan dari tas atau koper. Untuk menandakan, buat check list atau sejenisnya jika barang sudah masuk kembali ke dalam tas atau koper.
Jika sudah merasa lupa akan sesuatu, bisa melihat daftar itu kembali. Usahakan membuat daftar ini di ponsel atau notes yang bisa dibawa ke mana-mana. Sehingga mudah jika ingin melihat daftar.

2. Pasang alarm

Mungkin Anda sedang mengisi baterai kamera atau ponsel di bandara. Saat boarding, rasanya ingin langsung pergi dan kemudian lupa. Untuk menghindari hal seperti itu, buatlah pengingat dengan alarm.

Biasanya gunakan alarm di ponsel. Lengkap dengan jam dan notes alarm tersebut. Misal jadwal pesawat Anda pukul 7, usahakan untuk membuat alarm setengah jam sebelumnya. Jadi, kemungkinan barang ketinggalan pun jadi semakin menyusut.

3. Taruh notes di TV atau kaca hotel

Sudah jadi masalah klasik yang namanya ketinggalan barang di hotel. Untuk menghindari hal itu, tak ada salahnya membuat notes di kaca atau TV. Mengapa dua tempat itu? Karena paling sering dilihat saat berada di dalam kamar hotel.

Satu lagi tempat yang paling ampuh untuk menaruh notes adalah di pintu kamar. Tulislah barang-barang yang Anda taruh beserta lokasinya. Dengan begitu, Anda akan mengingatnya saat ingin keluar ruangan.


4. Minta ingatkan teman seperjalanan
Jika pergi bersama teman, tak ada salahnya meminta tolong untuk mengingatkan. Misal Anda sedang makan di restoran dan menitip ponsel untuk dicharge. Minta ingatkan teman bahwa Anda sedang menitip ponsel.

Pastikan juga ia akan mengingatkan Anda saat selesai makan. Dengan bantuan orang lain, kemungkinan ketinggalan barang pun jadi lebih kecil.
5. Selalu taruh barang langsung kembali ke tempatnya
Salah satu penyakit orang pelupa adalah tidak mengembalikan barang ke tempat semula. Sedangkan cara paling ampuh menghindari ketinggalan barang adalah mengembalikannya langsung setelah digunakan.

Misal Anda mengeluarkan tas kosmetik dan memakainya. Saat tak menaruhnya kembali di koper, kemungkinan ketinggalan tas kosmetik lebih besar. Meski masih tinggal di hotel itu selama beberapa hari ke depan, tapi jika sudah terbiasa mengembalikan ke tempatnya, otomatis akan terbawa kembali masuk ke dalam koper.

No comments:

Post a Comment