Monday, February 9, 2015

Wisata dengan Jalan Kaki, Ini 6 Tipsnya Agar Nyaman




Jalan kaki adalah salah satu cara asyik berkeliling sebuah destinasi. Namun sebelum berwisata jalan kaki, ada beberapa hal yang wajib diingat. Berikut 6 tips agar agenda jalan kaki Anda tambah seru dan aman.

Butuh tenaga ekstra untuk berwisata jalan kaki, meski rute yang Anda lalui tidak terlalu jauh. Tak hanya itu, ada beberapa hal lain yang perlu diingat saat ingin berwisata jalan kaki. berikut aneka tipsnya:

1. Siapkan stamina

Bisa jadi ini hal yang paling dibutuhkan saat berwisata jalan kaki. Pastikan Anda cukup tidur pada malam sebelumnya, dan isi perut sebelum berjalan kaki. Tak perlu makanan yang terlalu berat, siapa tahu Anda ingin berwisata kuliner sambil jalan-jalan.

2. Bawa perbekalan

Roti, camilan, atau cokelat adalah beberapa sumber tenaga. Bawalah bekal secukupnya dalam tas, termasuk juga air mineral. Tak sedikit turis asing yang membawa satu liter air mineral di tangan mereka saat jalan-jalan!



3. Gunakan sepatu yang nyaman

Catatan penting bagi traveler wanita, jangan gunakan flat shoes apalagi high heels. Kaki Anda bisa-bisa lecet, sehingga mengganggu agenda berwisata. Gunakanlah sepatu atau sandal yang nyaman seperti kets dengan sol yang cukup tebal dan empuk.

3. Gunakan tas yang praktis

Tas bisa jadi hambatan saat sedang asyik wisata jalan kaki. Tentunya Anda tak mau 'rempong' karena membawa tas yang terlalu besar, atau repot membawa barang lainnya karena tas terlalu kecil. Gunakanlah tas yang ukurannya pas, ransel lebih baik.

4. Perhatikan rambu jalan

Satu hal yang wajib Anda lakukan saat berwisata jalan kaki adalah berhati-hati. Hal yang perlu diperhatikan tak hanya barang Anda sendiri, tapi juga lalu lintas sekitar. Perhatikan rambu jalan dan aturan lainnya seperti tempat menyeberang. Anda tak mau agenda jalan kaki berakhir di rumah sakit bukan?

5. Tanya polisi

Warga lokal adalah pemandu paling baik. Tapi harus diingat, tak semua orang tahu dan mau menjawab pertanyaan soal arah jalan maupun pertanyaan lain. Polisi adalah 'target' terbaik untuk bertanya soal ini.

6. Istirahat

Jangan paksa tubuh Anda untuk berjalan jauh, sesuaikan dengan kemampuan. Jangan lupa beristirahat di sela-sela berjalan kaki. Namun ingat, pilihlah tempat istirahat yang sekiranya aman. Anda bisa sambil minum dan mengunyah camilan yang dibawa.

No comments:

Post a Comment