Thursday, February 19, 2015

SMS Blast Cara Melindungi Traveler Indonesia di Luar Negeri




SMS Blast adalah program dari Kemlu yang disebar ke ponsel traveler Indonesia di luar negeri. Isinya adalah alamat KBRI. Terbukti, program ini membantu para traveler Indonesia ketika menjumpai masalah.
Kisah traveler bernama Norricih Rachman yang hilang 4 hari di Australia adalah contoh betapa program SMS Blast bisa menyelamatkan dia. Berkat SMS Blast, Norricih yang terpisah dari rombongan Tupperware di Melbourne bisa mencapai KBRI di Canberra.


Kemlu bekerja sama dengan 5 provider seluler di Indonesia sejak 14 Desember 2014. Pelanggan provider itu, jika pertama kali menyalakan ponsel akan menerima SMS tentang paket roaming dan SMS tentang alamat KBRI. Info alamat KBRI akan sangat membantu di negara asing yang tidak berbahasa Inggris seperti Jerman, Republik Ceko atau Rusia.


Kemlu mendorong agar provider yang lain juga menerapkan SMS Blast ini. Toh menurut dia, fasilitas SMS Blast ini akan menguntungkan provider untuk menarik pelanggan karena dinilai sebagai provider yang mumpuni.

Sejak kebijakan ini bergulir,  sudah mulai ada manfaatnya. Sudah ada sejumlah laporan pengaduan yang terbantu dengan adanya SMS Blast.
Ada beberapa kejadian paspor hilang jadi mudah menghubungi KBRI. Ada juga yang karena kecopetan. Tapi memang tidak sebesar kasus kemarin (kasus Norricih-red).

No comments:

Post a Comment