Wednesday, February 4, 2015

Sheikh Lotfallah, Masjid Warisan Dunia Tercantik





Selama beberapa dekade terakhir, perkembangan masjid-masjid besar nan memukau telah semakin berkembang di dunia. Masjid kini tidak hanya menjadi tempat tujuan beribadah umat Islam tetapi juga menarik jutaan pasang mata wisatawan. 

Berikut laman Atlasobscura, Ahad (1/2) mendaftar masjid yang dianggap tercantik didunia dan beberapa diantaranya menambahkan arsitektur modern.

Masjid Sheikh Lotfallah, Masjid ini selesai dibangun pada 1619 setelah hampir 20 tahun pengerjaan. Masjid megah ini mulanya merupakan tempat ibadah pribadi Shah Abbas I.

Masjid dipenuhi kaligrafi ayat-ayat Alquran yang detail dan mosaik berwarna-warni. Kubah masjid yang didominasi gambar merak ini juga kerap dipenuhi pantulan cahaya dari interior masjid.

Masjid juga berdekatan dengan Istana Ali Qapu, tempat di mana Shah Abbas tinggal. Shah Abbas juga yang menugaskan dibangunnya lorong bawah tanah masjid khusus untuk perjalanan para wanita menuju masjid.

Sebelumnya masjid ini tidak terbuka untuk umum. Namun kini masjid ini terbuka untuk semua orang dan juga telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

No comments:

Post a Comment