Sunday, May 17, 2015

5 Hewan Unik yang Bisa Dilihat di Australia



Kebun Binatang Healesville Sanctuary, di Healesville, Victoria, Australia punya banyak hewan lucu dan khas. Berapa di antaranya hanya bisa ditemui di Australia. Berikut 6 hewan unik yang ada di sana.

Dua hewan yang jadi ikon Australia adalah kanguru dan koala. Eits, masih banyak hewan lain yang tak kalah lucu dan juga merupakan hewan khas benua ini lho. detikTravel bersama AirAsia X dan Melbourne Tourism pun menyambangi Healesville Sanctuary Australia di Victoria beberapa waktu lalu.

Dari semua hewan, ada 5 yang khas Australia. Berikut contoh koleksi satwa Healesville Sanctuary:


1. Wombat

Wombat merupakan hewan berkantung dari Australia yang berkaki pendek.Ia memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek pula. Nama Wombat diberikan warga Eora Aborigin yang menghuni Sydney.

Wombat ini merupakan binatang herbivora dengan menu makanan rumput dan akar-akaran. Warnanya kulitnya cokelat pasir dan bulunya lembut. Wombat berjalan sangat pelan tetapi jika terancam bisa berlari cepat menyelamatkan diri. Wombat kerap diburu oleh binatang Tasmania Devil.

Wombat betina menggunakan kantungnya untuk membawa anaknya ke mana-mana supaya aman. Untuk mempertahankan diri dan mencari makan, wombat menggunakan jari-jarinya dan giginya untuk menggali liang atau membela diri.

Hewan berwajah lucu ini biasa mencari makan pada pergantian hari, baik senja atau fajar. Selebihnya ia lebih banyak tiduran.


2. Tasmanian Devils

Tasmanian Devils merupakan binatang pemangsa binatang dan bangkai. Ia hanya bisa ditemui di Pulau Tasmania, Australia.

Ukurannya yang kecil tetapi sangat kuat sehingga jika memangsa Wombat cukup cepat dan melumpuhkan Wombat. Selain itu, Tasmanian Devils juga menyerang peternakan sapi sehingga menjadi buruan warga sejak orang Eropa tiba di Australia.

Habitat yang membahayakan ini mulai dilindungi sejak tahun 1990 karena habitatnya mulai punah. Hewan ini juga mengilhami sineas menjadikannya tokoh kartun Loonely Tunes, The Tasmanian Devil atau Taz.


3. Kanguru

Kanguru adalah binatang berkantong khas Australia yang paling terkenal. Nama kanguru ini merupakan nama yang kebetulan tidak disengaja yaitu saat orang Eropa datang ke Australia pada abad ke 18 dan menanyakan ke orang Aborigin tentang nama hewan itu. Orang Aborigin menjawab 'Kang Go Ro'.

Lantas orang Eropa menyebutnya dengan panggilan kanguru. Padahal, 'Kang Go Ro' artinya dia tidak mengerti bahasa orang Eropa itu.

Kanguru memiliki penampilan yang khas yaitu kaki depan lebih pendek dengan kantong di dadanya. Kaki ini juga mengakibatkan loncatannya sangat jauh mencapai 30 km/jam. Jika sedang lari, kanguru bisa meloncat hingga kecepatan 70 km/jam. Seperti wombat, kanguru betina juga menggunakan kantungnya untuk menyimpan anak-anaknya apabila masih kecil-kecil.


4. Koala

Setelah kanguru, koala merupakan ikon kedua yang paling terkenal dari Australia. Koala sendiri berarti tidak minum, meskipun kenyatannya tetap minum tetap sangat jarang sekali sebab makanannya yaitu daun ekaliptus sudah cukup air. Seperti juga dengan kanguru dan wombat, koala juga binatang berkantung.

Koala dalam sehari bisa tidur 20 jam di pohon. Kebanyakan ia bangun pada malam hari dan makan daun ekaliptus. Keunikan lain, koala merupakan satu-satunya binatang mamalia yang memiliki sidik jari layaknya manusia. Antar koala memiliki sidik jari yang berbeda.


5. Tawny Frogmounth

Burung hantu khas Australia ini memiliki keunikan sendiri yaitu memiliki tekstur bulu seperti pohon. Burung yang dinamai Pingky ini gemar bersembunyi di dahan yang tinggi dan tersembunyi supaya tidak dijadikan incaran lawan. Makanan binatang malam ini adalah tikus dan binatang sejenis lainnya.


No comments:

Post a Comment