Thursday, January 22, 2015

Belanja: Kegiatan Wajib Turis Indonesia



Kalau ada satu kegiatan yang selalu dilakukan traveler Indonesia, siapapun dia, itu adalah kegiatan belanja. Ya, wisata belanja adalah aktivitas yang tak bisa kita tinggalkan, bukan? Serunya belanja memang tak terlupakan!

Rasanya gatal banget ketika kita sedang bepergian ke suatu tempat dan melihat barang yang unik, lucu dan menarik hati. Pastilah hati ini tergerak untuk membelinya.

Belum lagi kalau motifnya adalah mencari oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga di rumah. Apalagi jika benda itu adalah makanan, yang membuat kita ngiler setengah mati, atau memang itu kuliner yang paling tersohor di sana. Tidak mencoba, rasanya rugi banget.

Wisata belanja menjadi kegiatan yang sepertinya memang tidak bisa ditinggalkan. Itu sebabnya Travel Highlight mengangkat tema belanja untuk mengupas aneka destinasi di mana traveler Indonesia mencari barang-barang di dalam dan luar negeri.

Bayangkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan wisata belanja (bersama kuliner dan unsur wisata budaya lain) memakan porsi 60 persen dari pariwisata Indonesia. Ini jauh lebih besar dari wisata alam Indonesia yang porsinya 35 persen. 5 persen sisanya adalah wisata pelayanan dan jasa.

Beberapa kota di Indonesia menjadi tujuan utama untuk wisata belanja dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Bali. Yang dicari bukan hanya mal dan pusat perbelanjaan saja, tetapi juga pasar tradisional, sentra kerajinan dan seni. Semua lengkap untuk memenuhi hasrat belanja wisatawan.


Sementara, beberapa kota di negara tetangga juga menjadi favorit wisatawan Indonesia untuk membelanjakan uangnya di sana. Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Sydney bahkan sampai Ho Chi Minh menjadi tujuan mereka untuk wisata belanja. Barang yang diburu mulai dari barang branded, suvenir sampai makanan.

Namun wisata belanja bukan hanya kesenangan milik traveler Indonesia saja. Warga dunia juga sepertinya menyukai aktivitas ini di saat liburan. Destinasi wisata belanja di dunia lebih seru lagi.

Cek saja 5 mal paling megah, mewah dan penuh dengan butik-butik mahal di dunia. Mereka bertebaran di Uni Emirat Arab, Rusia, Prancis, Inggris, Amerika Serikat atau Jepang. Galeries Laffayete, Harrods, KaDeWe, itu nama-nama yang pernah Anda dengar juga buka?

Tidak hanya mal mewah dan mahal, pasar-pasar tradisional di beberapa destinasi juga memiliki reputasi yang mendunia. Pasar Grand Bazaar di Turki misalnya, sepertinya sudah menjadi legenda bagi wisatawan sejak puluhan tahun silam. Sejumlah pasar apung dan pasar malam juga menarik wisatawan datang untuk berbelanja karena keunikannya.

Tentunya, kita juga membutuhkan kiat-kiat tersendiri di saat berbelanja. Belanja cerdas, itulah yang perlu dilakukan wisatawan agar bisa mendapatkan barang berkualitas tanpa membuat kantung dan dompet jebol. Survei harga dan kualitas barang adalah saran bijak yang bisa kita ikuti.

Jangan buru-buru membeli, jelajahi dengan baik kawasan belanja. Seringkali kita mendapatkan barang yang sama dengan selisih harga yang jauh, ketika kita mau blusukan lebih lama. Sisanya adalah kepandaian kita menawar barang. Itu semua ada seninya dan kami percaya para traveler Indonesia paling jago urusan tawar menawar. Selamat berwisata belanja!

No comments:

Post a Comment