Sunday, January 11, 2015

Itinerary 2 Hari Wisata Muslim di New Delhi, India



Selain didominasi oleh umat Hindu, India juga punya banyak umat Muslim. Banyak situs peninggalan Islam di ibukota India, New Delhi yang bisa dijelajahi dengan waktu 2 hari, dalam wisata Muslim di Negeri Bollywood.

Mulai dari Makam Humayun yang merupakan salah satu penyebar Islam di India, hingga Menara Qutub Minar setinggi 73 meter. Ada berbagai landmark menarik di New Delhi yang sarat sejarah Islam.

Dari segi jarak pun, terletak berdekatan dan dapat dicapai dengan naik metro atau tuk-tuk. inilah itinerary 2 hari wisata religi Muslim di New Delhi:


Red Fort
Mulailah perjalanan pagi hari dari Red Fort atau yang disebut juga Lal Qa'lah oleh umat Muslim, merupakan salah satu landmark terkenal di New Delhi. Red Fort dibangun oleh Shah Jahan pada abad ke-17, sekaligus merupakan istana terhebat yang menjadi peninggalan Maharaja Mughal.

Tidak hanya Red Fort, melewati gerbang Lahore, Anda juga bisa belanja di Chatta Chowk yang terletak tidak jauh. Red Fort sendiri terletak di Netaji Subhash Marg yang dekat dari Stasiun Metro Chandni Chowk. Red Fort buka dari Selasa sampai Minggu, dengan harga tiket masuknya 250 Rupee atau Rp 49 ribu.


Masjid Jama
Wisata Muslim di New Delhi, tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi Masjid Jama yang terbesar di India. Masjid ini dibangun antara tahun 1644 hingga 1658. Lokasinya pun cukup mudah dicari, terletak persis di seberang Red Fort, siang hari mampirlah ke sini.

Tidak jauh berbeda dengan Red Fort, Masjid Jama juga didominasi warna merah dari batu bangunannya. Anda juga bisa naik ke atas menaranya untuk melihat view kota dengan lebih jelas. Chawri Bazar Metro adalah stasiun metro terdekat ke Masjid Jama.

Masjid ini juga menyimpan rambut yang dipercaya berasal dari jenggot Rasul, serta satu bab Al Quran yang kabarnya juga ditulis Rasul. Masjid Jama tidak memungut biaya masuk alias gratis. Tapi ada biaya 200 Rupee atau Rp 39 ribu bagi yang membawa kamera.


Purana Qila
Sore harinya, kita ke benteng Purana Qila. Konon ceritanya, Purana Qila merupakan salah satu benteng yang dibangun di atas Indraprastha yang merupakan ibukota Pandawa dalam cerita Mahabharata.

Benteng ini dibangun oleh Raja Afghan, Sher Shah Suri, dan diselesaikan oleh anaknya, Humayun. Keindahan Purana Qila pun makin tampak dengan pemandangan Sungai Yamuna. Purana Qila terletak tidak jauh dari Delhi Zoo dan Stasiun Metro Pragati Maiden. Untuk tiket masuknya adalah 100 Rupee atau Rp 19 ribu.


Humayun's Tomb
Hari berikutnya Anda bisa memulai perjalanan dari Humayun's Tomb. Umumnya sebuah makan cenderung biasa, namun berbeda dengan Makam Humayun di New Delhi. Makam Humayan yang merupakan Maharaja Mughal kedua ini malah tampak megah. Bentuk desainnya sendiri dibuat menyerupai Taj Mahal di Agra.

Batuan merah serta batu marmer putih menjadi bahan utama pembuatan makam megah ini. Seakan tidak cukup indah, terdapat juga taman beserta kolam dan air mancur. Untuk masuk ke dalamnya, Anda perlu membayar 250 Rupee, atau sekitar Rp 49 ribu.


Dargah Hazrat Nizamuddin Auiliya
Salah satu tempat bersejarah berikutnya adalah Dargah Hazrat Nizamuddin Auiliya di Nizamuddin, New Delhi. Tempat yang dikhususkan bagi tokoh sufi kenamaan, Nizam-ud-din Auliya. Selain itu, terdapat juga makam seorang penyair Urdu, Amir Khusaru, juga putri Shah Jahan, Jahanara.

Saat terbaik untuk datang Dargah Hazrat Nizamuddin Auiliya adalah pada Kamis sore. Pada saat itu, banyak orang datang untuk berdoa dan mendengar 'qawwali singers' yang bernyanyi setelah adzan. Stasiun Metro terdekat adalah JLN Stadium Metro.


Qutub Minar
Tutuplah perjalanan Anda di Qutab Minar yang merupakan menara siar setinggi 73 meter, sekaligus bukti kemenangan yang menandakan awal era Muslim di India. Dibangun pada tahun 1193 oleh Qutab-ud-din Aibak setelah mengalahkan Kerajaan Hindu terakhir di New Delhi. Tepat di bawahnya, terdapat Masjid Quwwat-ul-Islam yang merupakan masjid pertama di India

Dikatakan kalau Qutub Minar tidak hanya merupakan monumen unik di India, namun juga sedunia. Dikatakan, jika Anda bisa mengelilinginya dengan tangan sambil membelakanginya, maka keinginan Anda akan terpenuhi. Stasiun Metro terdekat adalah Stasiun Qutab Minar. Biaya masuknya adalah 250 Rupee atau Rp 49 ribu.




No comments:

Post a Comment