Tuesday, November 4, 2014

Cantiknya! Festival Bunga Pekarangan Rumah di Cordoba, Spanyol


http://www.hasanahqaromah.com/category/spanyol-portugal-maroko/



Kota Cordoba di Provinsi Andalusia, Spanyol, punya sejarah Islam yang kental. Tiap bulan Mei, turis bebas memasuki pekarangan rumah warga dan melihat bunga bermekaran. Inilah 'Battle of Flowers' yang penuh warna!

Mayoritas rumah warga di Cordoba, Spanyol punya pagar tembok tinggi sehingga tak bisa dilihat wisatawan. Namun sepanjang bulan Maret, pintu-pintu rumah dibuka dan wisatawan dipersilakan masuk. Siapkan mata dan kamera, karena pekarangannya penuh bunga warna-warni!

Inilah 'Battle of the Flowers', festival bunga di pekarangan rumah yang sudah ada sejak 1918. Keberadaan festival ini merunut pada zaman pendudukan bangsa Romawi di Provinsi Andalusia.

Di daerah beriklim panas dan lembab tersebut, bangsa Romawi menanam banyak bunga di pekarangan. kebiasaan tersebut diikuti oleh bangsa Moor, yang berlanjut sampai saat ini.

Dalam festival ini, warga tak hanya menanam dan menata bunga warna-warni di pekarangan dan dinding rumah. Ada juga mosaik batu dan dekorasi dari keramik bergaya Islam. Pada saat inilah, seluruh Kota Cordoba dipenuhi semerbak wangi khas campuran antara melati, jeruk, dan wangi lainnya.

Tak hanya rumah penduduk, bangunan-bangunan bersejarah di Cordoba juga dipenuhi bunga. Viana Palace misalnya, dikenal sebagai 'Patio Museum' dan menyuguhkan 12 patio berbeda untuk wisatawan. Patio adalah pekarangan tempat bunga-bunga tersebut ditanam.


Selama bulan Mei, banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat cantiknya 'Battle of the Flowers'. Antara lain Encarnacion, Santa Isabel de los Angeles, Las Capuchinas, Santa Maria, Santa Cruz, Jesus Crucificado, Nuestra Senora de las Nieves, Corpus Cristi, dan San Pedro Real.

No comments:

Post a Comment