Thursday, December 4, 2014

Trik Naik Shinkansen Murah di Jepang

http://www.hasanahqaromah.com/tour-muslim-panorama-jepang-2015/


Saat traveling ke Jepang, banyak wisatawan yang penasaran dengan kereta super cepat Shinkansen. Tiketnya memang mahal, namun untuk rute Osaka-Kyoto traveler bisa membelinya dengan harga relatif murah, Rp 150 ribu saja!

Banyak traveler yang ditawari tiket kereta terusan tingkat nasional yang bernama Japan Railpass untuk bisa berkeliling Jepang naik kereta super cepat Shinkansen. Pertanyaannya, apakah kita membutuhkan Shinkansen sesering itu?

Para backpacker dunia yang wara-wiri dari Kyoto ke Tokyo banyak yang lebih memilih bus malam daripada naik Shinkansen yang tiketnya bisa mencapai Rp 1 juta rupiah. Namun untuk rute Osaka-Kyoto, banyak yang berani mencoba Shinkansen karena harga tiketnya murah.

Di Osaka, Shinkansen hanya ada di Stasiun Shin Osaka, bukan stasiun besar Namba atau Umeda. Jadi pastikan Anda berada di stasiun yang tepat.

Kemudian carilah kantor Japan Railways (JR) dengan tulisan yang besar dan mencolok. Ada pembelian tiket mesin, tapi saran saya pakai loket biasa saja, karena bisa sambil bertanya-tanya kepada petugas. Atas informasi seorang kawan, dia menyarankan saya naik Shinkansen dari Osaka ke Kyoto karena tiketnya relatif murah.

Ternyata benar, hanya 1.420 Yen atau sekitar Rp 150 ribu saja! Tapi ada syaratnya, tiket yang saya beli sifatnya non reserved alias tanpa nomor tempat duduk dan di gerbong ujung.

Lama perjalanannya pun ternyata hanya 15 menit. Dekat? Tidak juga, karena dengan kereta biasa Osaka-Kyoto ditempuh selama satu jam, seperti dari Jakarta ke Bogor. Lantaran kereta peluru, jarak jauh pun terasa dekat.

No comments:

Post a Comment