Tuesday, March 24, 2015

8 Tempat di Dunia yang Harus Dikunjungi Sebelum Berubah



Di berbagai belahan dunia terdapat macam-macam objek destinasi yang indah. Namun persoalan seperti pemanasan global, hingga dibukanya akses bandara, dapat merubah 8 destinasi di dunia ini. Di mana saja?

Destinasi seperti Kepulauan St. Helena yang terpencil, hingga Antartika, diperkirakan akan berubah karena pembukaan bandara hingga pemanasan global.  Berikut adalah 8 tempat yang harus dikunjungi sebelum berubah ( CNN ) :


1. Crete, Yunani

Selain Indonesia, Yunani juga memiliki setidaknya 6.000 pulau yang dipisahkan oleh lautan. Dahulu, pulau populer seperti Crete, Skyros, Pelion, dan banyak pulau lainnya di Yunani hanya dapat diakses dengan kapal feri.

Namun pihak penerbangan lokal Hellenic Seaplanes, telah mengeluarkan rencana untuk menghubungkan kurang lebih 100 pulau di Yunani dengan pesawat amfibi. Dijadwalkan penerbangan menuju pulau-pulau tersebut dapat dinikmati pada Mei 2015.

Pada akhir tahun 2015, beberapa rute penerbangan menuju pulau lainnya juga akan dilakukan. Sejalan dengan kebijakan tersebut, beberapa pulau indah di Yunani akan berubah menjadi kian ramai.


2. St. Helena

Sebagai salah satu destinasi yang disebut paling terpencil di dunia, St. Helena yang merupakan salah satu teritori Inggris yang sulit akses. Anda harus terlebih dulu terbang ke Afrika Selatan, dan lanjut naik kapal pesiar RMS St Helena selama lima hari, bayangkan!

Namun rencananya, pada Februari 2016 mendatang akan dibuka bandara pertama di St Helena, dengan rute pnerbangan mingguan dari Johannesburg di Afrika Selatan. Otomatis akses menuju St Helena akan lebih cepat dan mudah.

Selain letaknya yang terpencil, kawasan ini terkenal sebagai salah satu tempat untuk mengamati burung liar. Jumlah kunjungan turis ke St Helena diperkirakan akan merubah kota dan ekosistem yang ada


3. Reydarfjordur, Islandia

Sudah bukan rahasia umum, kalau film dapat meningkatkan jumlah kunjungan turis ke suatu tempat. Salah satu contohnya seperti Selandia Baru yang ramai gara-gara film fiksi Lord of the Rings karya JRR Tolkien.

Reydarfjordur yang terletak di Islandia pun diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah kunjungan turis karena film seri fiksi 'The Fortitude' yang mengambil setting di sana. Film tersebut memang tengah naik daun di Eropa dan Amerika.

Kota Reydarfjordur memiliki populasi kecil, yaitu sekitar 1.000 penghuni saja. Bisa jadi tempat yang sebelumnya tenang itu akan makin ramai oleh kunjungan penggemar film fiksi 'The Fortitude' yang ingin merasakan langsung suasana seperti di film.


4. Havana, Kuba

Mendengar nama Kuba, tidak sedikit traveler yang mengingat nama revolusioner Amerika Latin, Che Guevara. Aksi Che dalam Revolusi Kuba memang telah membesarkan nama Kuba sebagai salah satu negara di Amerika Latin.

Walaupun nama Kota Havana dan negara Kuba sudah terkenal, namun pengurangan larangan bepergian ke Kuba oleh AS, diperkirakan akan meningkatkan jumlah kunjungan turis dari AS. Sebelumnya, AS memang memboikot Kuba karena urusan politik.

Sejak awal 2015, telah terjadi peningkatan jumlah kedatangan ke Kuba hingga 200%. Mayoritas hotel di pulau-pulau Kuba juga telah full booked hingga musim panas. Kota Havana juga terkenal sebagai kota dengan sejumlah bangunan bersejarah yang terjaga baik.


5. Antartika

Di antara berbagai tempat di dunia yang terancam berubah, Antartika merupakan salah satu yang paling dikhawatirkan. Meningkatnya suhu bumi karena pemanasan global tidak hanya berdampak pada mencairnya es, namun juga naiknya ketinggian air dunia.

Dalam beberapa dekade, para ahli mengatakan kalau Antartika telah mengalami kenaikan suhu udara sekitar 3 derajat celcius. Lapisan es yang berkurang telah menyebabkan penurunan jumlah plankton hingga burung penguin di Antartika.

Bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti Antartika dapat mencair dan hilang dari muka bumi ini. Apabila hal tersebut terjadi, tentu sudah tidak ada cara lain untuk mengunjunginya.


6. Victoria Falls, Zimbabwe

Ketenaran Air Terjun Victoria Falls di perbatasan Zimbabwe dan Zambia di Afrika memang sudah terkenal. Walaupun begitu, salah satu situs warisan dunia UNESCO itu tidak mudah diakses karena jalurnya yang terletak di antara perbatasan dua negara.

Namun pada September mendatang, akan segera dibuka bandara baru Victoria Falls International Airport di Zimbabwe, berdekatan dengan Victoria Falls dan Zambia. Artinya, akses menuju Air Terjun Victoria Falls akan lebih mudah dari sebelumnya.

Bandara baru tersebut juga memiliki landasan terbang sepanjang empat kilometer yang dapat megakomodasi pesawat berbadan lebar seperti Airbus A340, Boeing 777, dan Boeing 747. Pemerintah kedua negara juga tengah melakukan promosi gencar-gencaran seiring pembukaan bandara baru.


7. Gozo, Malta

Popularitas Angelina Jolie sudah tiak diragukan lagi. Mulai dari aksinya di Kamboja dalam film fiksi 'Tomb Raider', hingga 'The Tourist' di Venesia, semua destinasi yang masuk dalam filmnya laris manis seperti kacang goreng.

Dalam film terbarunya berjudul 'By the Sea' yang direncakan akan segera rilis tahun ini, Angelina beradu peran dengan Brad Pitt di sebuah pulau bernama Gozo di Malta. Walaupun filmnya belum keluar, tapi jumlah kunjungan ke Gozo sudah mulai terlihat.

Pulau Gozo sebenarnya dapat diakses dengan menggunakan kapal feri selama 20 menit dari pusat kota, namun memang belum terekspos seperti pulau indah lainnya. Mungkin ada baiknya Anda berkunjung ke sana sebelum ramai gara-gara filmnya Angelina Jolie.


8. Solden, Austria

Destinasi terakhir yang perlu segera dikunjungi adalah Solden di Austria. Diperkirakan Solden akan ramai dikunjungi wisatawan gara-gara masuk dalam salah satu adegan di film 'James Bond: Spectre' yang akan dirilis November 2015 mendatang.

Adegan film tersebut dilakukan di bangunan ICE-Q yang terletak di puncak Pegunungan Gaislachkogel. Dapat dipastikan bahwa wisatawan yang datang ke Solden akan meningkat setelah filmnya rilis.

Adapun Solden terkenal sebagai salah satu tempat untuk bermain ski di Austria. Warna putih salju menjadi gambaran utama dari Solden. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk bermain ski di sini.



No comments:

Post a Comment