Tuesday, March 17, 2015

Ini Dia 10 Bandara Terbaik di Asia



Masih dalam ajang World Airport Awards dari Skytrax, salah satu kategori yang dikeluarkan adalah Best Airports in Asia alias bandara terbaik di Asia. Inilah daftar 10 besarnya, yang didominasi oleh bandara-bandara dari Jepang.

Skytrax merupakan perusahaan konsultan asal Britania Raya yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan. Tiap tahun sejak 1995, Skytrax menebar survei untuk menentukan maskapai, bandara, hiburan dalam pesawat, staf, dan elemen perjalanan udara terbaik lainnya dalam ajang World Airport Awards.

Ajang tersebut dinilai sebagai ajang yang paling bergengsi di dunia. Waktu surveinya adalah satu tahun dari Januari tahun 2014 sampai Mei 2015, dengan melibatkan 13,20 juta pemilih. Salah satu kategori dari World Airport Awards adalah Best Airports in Asia.

Dari situs Skytrax  tidak ada perubahan dari tahun lalu dalam peringkat tiga besar bandara terbaik di Asia. Juaranya masih dipegang oleh Bandara Changi di Singapura, yang juga menyabet bandara terbaik di Dunia Tahun 2015.




Peringkat kedua dan ketiga, masih ditempati oleh Bandara Incheon di Korea Selatan dan Bandara Hong Kong. Sementara itu, Jepang mewakili 4 bandara dalam Best Airpots in Asia atau yang paling mendominasi, yakni Bandara Tokyo Haneda di peringkat ke-4, Bandara Centrair Chubu di peringkat ke-5, Bandara Kansai di peringkat ke-7 dan Bandara Tokyo Narita di peringkat ke-8.

Bandara Hongqiao Shanghai di Tiongkok keluar dari daftar 10 bandara terbaik di Asia. Digeser oleh Bandara Kuala Lumpur di Malaysia yang berada di peringkat ke-10. Sayang, baik Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Kuala Namu yang masuk dalam bandara regional terbaik di Asia tak mampu masuk dalam 10 bandara terbaik di Asia.

Berikut, daftar lengkap 10 bandara terbaik di Asia versi Skytrax:

1. Bandara Changi, Singapura
2. Bandara Incheon, Korea Selatan
3. Bandara Hong Kong, Hong Kong
4. Bandara Tokyo Haneda, Jepang
5. Bandara Centrair Chubu, Jepang
6. Bandara Beijing, Tiongkok
7. Bandara Kansai, Jepang
8. Bandara Tokyo Narita, Jepang
9. Bandara Taoyuan, Taiwan
10. Bandara Kuala Lumpur, Malaysia

No comments:

Post a Comment