Monday, September 1, 2014

Bird Nest Beijing




Ini adalah gedung Beijing National Stadium, namun julukannya adalah 'Sarang Burung'. Ikon Olimpiade Beijing 2008 di Tiongkok ini sering dikunjungi wisatawan yang kagum dengan kemegahan dan kerumitan arsitekturnya.

Bangunan seluas 333 x 294 meter persegi ini sudah terlihat menawan saat bus yang membawa kami memasuki area Olympic Green, yang menjadi pusat penyelenggaraan Olimpiade Beijing pada 2008 lalu. Desain luarnya memang sungguh tak biasa, tak beraturan, namun ketidakberaturan yang menawan.

Kulit luar stadion berkapasitas 80 ribu penonton ini didesain mirip seperti sarang burung. Desain ini diambil dari salah satu bagian ilmu keramik Tiongkok. Seorang seniman ternama Tiongkok, Ai Weiwei, menjadi konsultan untuk desain stadion.

Bagian yang mirip sarang burung itu dibuat dari baja. Selain soal artistik, bagian itu memiliki fungsi melindungi bagian atap stadion yang bisa dibuka tutup. Desain sarang burung ini makin menawan ketika dilihat dari dekat.
http://www.hasanahqaromah.com/beijing-ski-muslim-tour-2015/#more-448
Kami masuk ke stadion melalui pintu barat. Masuk ke bagian dalam stadion, pengunjung akan dibuat terpikat desain langit-langit ruangan yang ada di stadion itu. Sama seperti bagian luar, desain langit-langitnya pun tak dibuat sederhana, lagi-lagi ketidaberaturan yang menawan.

Ada seorang pemandu yang mengantar pengunjung melihat-lihat bagian dalam 'sarang burung'. Bagian stadion yang dimasuki dari pintu barat disebut Gold Hall. Bukan tanpa alasan bagian ini diberi nama nama demikian, sebab, saat akan naik ke stadion melalui eskalator, dinding-dinding di sekeliling jalan naik itu berwarna emas. Membuat pengunjung merasa sedang memasuki bangunan yang benar-benar mewah.

No comments:

Post a Comment