Wednesday, September 17, 2014

Hongkong Semakin Ramah Bagi Wisatawan Muslim




Merasa sulit mencari makanan halal atau menjalankan ibadah salat saat di Hong Kong? Jika iya, sepertinya Anda tidak tahu bahwa sebenarnya Hong Kong punya masjid dan restoran halal.

Hong Kong memiliki cukup banyak restoran halal, juga beberapa masjid di pusat kota, tak jauh pula dari lokasi pusat perbelanjaan. ”Wisatawan kami banyak yang beragama muslim. Mereka sering bertanya dan khawatir, apakah di Hong Kong ada tempat ibadah dan makanan halal? Mereka sangat ragu dan saya jawab dengan tegas, iya, kami punya dan banyak. Kami sangat meng-hargai para wisatawan muslim dan memfasilitasi mereka,” ujar Director Project Hong Kong Tourism Board (HKTB) Angela Liew.

Lebih dari 50 restoran dengan sertifikat halal dapat ditemukan di kota ini. Sebut saja restoran kenamaan Ebenezeer’s Kebab & Pizzeria yang menghadirkan aneka jenis masakan India, Italia, dan Timur Tengah. Restoran ini ada di beberapa kota di Hong Kong seperti di Lan Kwai Fong Central Hong Kong Island, Hollywood Road, Wan Chai, Lockhart Road, dan lainlain.

Bagi yang rindu masakan Indonesia, Hong Kong juga memiliki sejumlah restoran dengan aneka menu khas Nusantara, seperti Blitar Cafe dan Warung Malang yang terletak di Causeway Bay, yang pasti dijamin halal. Bukan hanya berbagai macam pilihan restoran, ada pula empat lokasi masjid publik di Hong Kong yang menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata yang cocok untuk wisatawan muslim.

Masjid Kowloon adalah masjid terbesar dan berlokasi strategis di tengah Kota Tsim Sha Tsui dan sangat mudah dicapai dengan MTR. Letaknya memang persis di sebelah Central Station dan berhadapan dengan Granville Road. Masjid paling terkenal di Hong Kong ini memiliki empat lantai dengan tiga area salat untuk jamaah pria dan satu area salat untuk jamaah wanita. Daya tampungnya sekitar 5.000 jamaah. Masjid ini juga rutin mengadakan pengajian untuk anak-anak dan orang dewasa.

Sementara di daerah Oi Kwan Road, Wa Chai, berdiri kokoh Masjid Ammar & Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Jika dilihat sepintas, masjid ini tidak seperti masjid pada umumnya. Bayangkan saja, bangunan masjid ini terdiri dari delapan tingkat yang dipe-runtukkan sebagai perkantoran, taman kanakkanak, perpustakaan, dan rumah makan. Masjid ini juga menaungi tiga organisasi Islam di Hong Kong, yaitu Persatuan Islam Hong Kong yang memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan umat muslim dan mengoordinasi aktivitas muslim di sana.
http://www.hasanahqaromah.com/hongkong-shenzhen-guangzhou-zuhai-macau/
Selanjutnya yakni organisasi Pemegang Amanah bagi Dana Masyarakat Islam Hong Kong, yang menjadi salah satu badan pemerintah yang menangani segala urusan yang berkaitan dengan umat muslim di Hong Kong dan juga memberikan sertifikat halal restoran. Ketiga adalah Persatuan Pemuda Islam di Hong Kong. Masjid di sini mampu menampung 700 jamaah. Bila ke sini, jangan lupa mampir ke lantai 5 karena ada restoran China yang memiliki menu andalan dimsum-nya yang lezat, dan yang pasti halal.

Ada dua masjid andalan lainnya, yaitu Cape Collinson Chai Wan Mosque dan Jamia atau lebih dikenal dengan sebutan Shelly Street Mosque yang merupakan masjid tertua di Hong Kong. Jika berkunjung ke Jamia Mosque, jangan kaget bila banyak bertemu dengan tenaga kerja Indonesia (TKI). Selain menjadi ajang kumpul para TKI, masjid ini juga sebagai tempat bersilaturahim para perantau muslim dari Malaysia, Arab, Bangladesh, Pakistan, dan India, yang rajin berkumpul tiap akhir pekan.

Mereka berkumpul di sini karena masjid ini terletak di jantung kota Hong Kong dan akses menuju Shelly Street mudah dijangkau dengan berbagai transportasi umum. Terakhir, beberapa hotel juga sudah memasang tanda arah kiblat untuk salat. Jadi, bagi yang muslim tak perlu khawatir lagi untuk berwisata nyaman dan tetap menjalankan ibadah di Hong Kong.

No comments:

Post a Comment