Thursday, September 4, 2014

Little Portugal di Asia

http://www.hasanahqaromah.com/hongkong-shenzhen-guangzhou-zuhai-macau/#more-473



Macau identik dengan tempat wisata judi. Banyak hotel mewah dengan kasino berdiri. Tapi ada satu sudut Macau yang unik dan jauh dari kesan gemerlap, yaitu Senado Square, atau Largo do Senado yang bernuansa Portugis.

Setelah mengunjungi Ruins of St Paul, tidak ada salahnya menghabiskan waktu dengan berkeliling dan berbelanja di Senado Square. Kawasan Senado Square terletak di Macau Peninsula dengan luas sekitar 3.700 meter persegi.

Di sini terdapat gedung Leal Senado dan Gereja St Dominic. UNESCO bahkan menobatkan Senado Square sebagai salah satu warisan dunia. Bangunan lainnya yang berada di dekat Senado Square yang dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO ialah Gereja St Agustine, Gereja Cathedral of the Nativity of Our Lady, dan gedung Holy House of Mercy.

Gedung Leal Senado dibangun pada tahun 1784 bergaya neo klasik. Awalnya gedung ini merupakan balai kota. Saat ini, di dalam gedung Leal Senado terdapat galeri yang dapat dikunjungi hingga malam hari.

Gereja St Dominic dibangun pada tahun 1587, dan sekarang terdapat museum yang memamerkan patung dan benda seni suci. Cathedral of the Nativity of Our Lady dibangun pada tahun 1622, dan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Katolik sampai saat ini.

Holy House of Mercy yang dibangun pada tahun 1569, saat ini digunakan sebagai museum yang menyimpan benda benda seni dari Eropa, China dan Jepang.

Berada di Senado Square serasa berada di Eropa, karena bangunannya merupakan peninggalan bangsa Portugis yang masih terawat dengan baik. Bagi pecinta arsitektur Eropa kuno, inilah tempatnya memanjakan mata dan mencari inspirasi bangunan.

Jalannya cukup lebar dengan paving beberapa warna membentuk motif dan mengkilap. Meskipun jalannya cukup lebar, kendaraan dilarang masuk. Jadi kawasan ini cukup nyaman untuk berjalan kaki. Papan penunjuk jalan terdapat di setiap persimpangan, sehingga memudahkan wisatawan mencapai tempat tujuannya tanpa harus bertanya kepada penduduk setempat.

Sepanjang kawasan Senado Square terdapat banyak toko yang menjual barang barang bermerek, makanan, dan aneka cinderamata seperti gantungan kunci, hiasan magnet lemari es, ballpoint, kaos, pembatas buku dan lainnya.

Pedagang makanan meletakkan dendeng babi khas Macau di depan toko mereka dengan rasa manis atau pedas. Selain itu mereka juga menjual beragam roti atau kue kering khas Makau dengan kemasan yang menarik.

Pengaruh budaya Portugis tidak hanya tampak pada bentuk bangunan di kawasan Senado Square, tetapi juga pada cinderamata dan makanan yang dijual. Tampak beberapa toko cenderamata menjual hiasan berbentuk ayam jago berwarna warni yang merupakan lambang keberuntungan bangsa Portugis.

Hiasan ini atau dalam bahasa Portugis disebut Galo de Barcelos (lucky rooster) dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam hal rezeki dan bisnis. Selain lucky rooster, dijual juga taplak meja dengan gambar pria dan wanita khas Portugis.

Makanan yang menjadi oleh oleh wajib dari Macau, yang merupakan peninggalan Portugis ialah egg tart. Roti berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 8 cm ini, kulitnya terbuat dari adonan pastry yang renyah.
Bagian tengah terbuat dari susu dan telur yang saat dimakan terasa lembut di lidah dengan rasa manis. Terasa nikmat saat dimakan dalam keadaan hangat. Egg tart dapat dibeli eceran atau 1 dus berisi 6 buah.

Walaupun sebagian besar penduduk Macau tidak dapat berbahasa Inggris, tetapi penjaga toko di Senado Square tetap melayani pembeli dengan ramah. Barang yang dijual di Senado Square sedikit lebih murah dibandingkan dengan tempat lain. Selamat menikmati liburan di Senado Square, Macau.


No comments:

Post a Comment